Model-model Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013

Model-model Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 - Kurikulum merupakan salah satu unsur yang memberikan kontrikusi untuk mewujudkan proses berkembangnya kualitas potensi peserta didik tersebut. Kuriklum 2013 dikembangkan berbasis pada kompetensi sangat diperlukan sebagai instrumen untuk mengarahkan peserta didik menjadi: (1) manusia berkualitas yang mampu proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah; (2) manusia terdidik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap , kreatif, mandiri, dan (3) warga negara yang demokratis, bertanggung jawab. dengan demikian, aspek karakter religius, karakter sosial, pengetahuan, dan keterampilan menjadi fokus dari kurikulum 2013 (Kemendikbud, 2014).
Untuk mencapai tujuan kurikulum 2013 di atas, Permendikbud No.81A tahun 2013 mengatur bahwa proses pembelajaran pada kurikulum 2013 hendaknya terdiri atas lima pengalaman belajar yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan, yang disingkat dengan 5M. Pengalaman belajar ini dikenal dengan pendekatan saintifik. Kemdikbud (2014) memperjelas bahwa model pembelajaran yang diterapkan untuk melaksanakan pendekatan saintifik diantaranya adalah:

  1. Discovery Learning (DL),
  2. Problem Based Learning (PBL), dan
  3. Project-Based Learning (PjBL).
Semoga tulisan singkat mengenai beberapa model-model pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 bisa menjadi referensi tambahan dalam menyusun perangkat pembelajaran yang berdasarkan kurikulum 2013.

Referensi:
Makalah: Model-model Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 untuk Mengembangkan Kompetensi Matematika dan Karakter Siswa.
Penulis: Dr. Rahmah Johar, M.Pd

Tulisan Terkait:

0 Response to "Model-model Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013"